Menu

Sabtu, 21 November 2015

Perawatan Facial



Perawatan wajah atau facial adalah suatu perawatan yang dilakukan dengan menggunakan tekanan atau pijatan supaya wajah senantiasa terjaga kebersihannya, kesehatannya, serta kecantikannya. Perawatan wajah atau facial ini membantu memberikan nutrisi pada kulit dengan menggunakan cream sehingga kulit lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung di dalam cream tersebut.

           

       I.                                          Tujuan Facial:
        -          Meningkatkan kebersihan, kesehatan, kesegaran dan kecantikan kulit wajah
        -          Meningkatkan peredaran darah dan getah bening pada kulit wajah
        -          Merangsang kembali kegiatan sel kulit wajah
        -    Membersihkan kulit wajah dari kotoran-kotoran yang menempel baik karena riasan wajah,          debu atau lapisan kulit mati
        -    Mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, kulit kusam dan tekstur            kulit yang tidak rata

 Alat - Alat yang di butuhkan :
1. Jepit Bebek
2. Pencabut Alis
3.Sendok Unna
4. Cermin
5. Kuas Masker
6. Spon

Bahan-Bahan dan Lenan yang di butuhkan 
1.Kapas dan Tisue
2.Kamisol
3.Hair Bando
4.Taplak Meja
5.Handuk Kecil


Kosmetik :
1. Pembersih Viva (Cleansing)
2. Penyegar Viva (Toning)
            3. Cream Massage Viva
            4.Skin Peeling Viva
            5.Cream Massage Viva
            6.Skin Peeling Viva
            7.Masker Viva
            8.Air Mawar
            9.Alkohol


Pelaksaaan Perawatan :

Persiapan Kerja
-          Membersihkan area kerja
-          Menyiapkan alat, bahan, lenan dan kosmetik
 
Pelaksanaan:
-          Memakai kamisol
-          Menyisir rambut dan memasang hair bando
-          Siapkan air dan letakkan di baskom
-          Oleskan pembersih viva dari wajah sampai ke leher hingga rata dan bersikan dengan menggunkan spon
Kemudian oleskan pula skin peeling viva dari wajah sampai ke leher dengan gerakan rotasi dan sedikit ditekan kemudian bersihkan dengan menggunakan spon

-          Oleskan cream massage dari wajah sampai ke leher dan ratakan serta dengan menggunakan beberapa  tahapan  dan arah pemijatan secara keseluruhan. Adapun tahap dan arah pemijatannya sebagai berikut:

  1.Dimulai dari bagian tengah kening, lakukan gerakkan usap lembut (effleurage) dengan menggunakan ujung kedua jari tengah ke arah atas secara bergantian dan ulangi 3 kali usapan. 





              2.  Lakukan gerakkan rotasi menggunakan kedua ujung jari                                      
      tengah dan jari manis dari tengah-tengah kening menuju pelipis dan tekan pelipis dengan kedua   jari dan ulangi 3 kali gerakkan.

  3.    Lakukan gerakkan usapan lembut secara zigzag dengan mengguna-kan ujung kedua jari tengah dan jari manis secara bergantian dari pelipis kiri ke arah pelipis kanan. Ulangi 3 kali gerakkan.


  4. Lakukan gerakkan rotasi dengan menggunakan kedua ujung jari tengah dari mulai pelipis ke arah bawah mata sampai ujung mata, kemudian usap kelopak mata sampai ke pelipis dan ulangi 3 kali gerakkan.  
   5. Lakukan gerakkan rotasi menggunakan seuruh ujung jari dimulai dari dagu menuju ke arah pipi sampai pelipis, tekan dipelipis dan ulangi 3 kali gerakan.



   6 Lakukan gerakan mengusap dengan kedua ujung jari tengah dari bawah bibir melingkar ke atas bibir dan gerakan sebaliknya dan ulangi 3 kali gerakan.


  
   7. Lakukan gerakan rotasi menggunakan ujung kedua jari tengah mulai dari cuping hidung ke arah atas sampai ujung mata dan ulangi 3 kali gerakan.



  
   8. Lakukan gerakan rotasi pada tepi daun telinga, dengan cara menjepit daun telinga dengan jempol dan telunjuk. Rotasi dimulai dari tepi daun telinga bawah menuju ke atas, selanjutnya lakukan gerakan mengusap dengan jempol dari batas telinga atas menuju ke bawah.Ulangi 3 kali gerakan. Kemudian lakukan gerakan menutup dan membuka daun telinga dengan tangan. Ulangi 3 kali gerakan.  



   9. Lakukan gerakan menepuk dagu dengan menggunakan punggung tangan kiri dan tangan kanan secara bergantian. Kemudian lakukan gerakan mengetuk-ngetuk bagian wajah secara keseluruhan dengan seluruh ujung jari secara bergantian.



   
  10.Lakukan gerakan rotasi dengan seluruh ujung jari, dimulai dari bawah telinga menuju ke arah dada kemudian lakukan gerakan dengan arah kebalikan dari dada ke atas sampai ke bawah telinga dan ulangi 3 kali gerakan.



  
  11.Lakukan gerakan rotasi menggunakan seluruh ujung jari, dimulai dari bawah telinga, leher   menuju ke ujung bahu. Kemudian lakukan gerakan mengusap sambil menekan dengan menggunakan ujung ibu jari dari mulai pangkal bahu bagian belakang ke ujung bahu bagian belakang. Ulangi 3 kali gerakan.


  
  12.Kemudian lakukan gerakan mengusap sambil menekan menggunakan ibu jari, dari mulai pangkal bahu belakang sampai ujung bahu belakang, kemudian lakukan gerakan menggetar menggunakan telapak tangan pada ujung bahu dan ulangi 3 kali gerakan.



  
  13.Lakukan gerakan mengusap secara lembut dengan menggunakan seluruh jari tangan kanan dan tangan kiri secara bergatian pada bagian bawah leher belakang ke arah leher bagian atas. Ulangi 3 kali gerakan. 




 
-          Kemudian bersihkan wajah dan leher dengan menggunakan spon yang telah dimasukan ke air hangat kuku dan tekan-tekan pada seluruh wajah sampai ke leher.
-          Setelah itu, basahkan kapas dengan menggunakan alkohol lalu oleskan pada alis dan hidung. Lalukan pencabutan alis serta pembersihan komedo dan jerawat ke seluruh wajah lalu bersihkan dengan menggunakan spon
-          Kemudian campurkan masker dengan air mawar lalu oleskan masker dari dahi sampai ke leher hingga rata dan pengolesan dilakukan dengan satu arah. Tutuplah mata dengan kapas basah dan tunggu masker sampai kering lalu bersihkan dengan air hangat kuku dengan menggunakan spon dengan cara di tekan-tekan.
-          Lalu bersihkan lagi dengan menggunakan air biasa setelah itu, bersihkan dengan air dingin dengan menggunakan spon dengan cara ditekan-tekan
-          Setelah bersih, gunakan face tonic sebagai penyegar pada wajah

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar