Menu

Jumat, 20 November 2015

Kecantikan Tata Rias Wajah Pagi



Kata cantik, sekilas terbayang tertuju ke sosok  feminis baik itu perempuan secara jenis kelamin atau pria yang domain sifat feminimnya dibandingkan sifat kepriaannya itu sendiri secara kodrati. Kedua sosok inilah yang menjadi objek kecantikan atau yang selalu memburu untuk menjadi cantik.

Sedangkan point kedua dalam pembicaraan ini; Arti cantik. cantik  dalam kamus bahasa Indonesia adalah memiliki arti elok; molek (tt wajah, muka perempuan). tetapi, ada arti cantik yang lain menurut penjual produk kecantikan sebagai anti tesis dari makna dalam kamus Bahasa Indonesia. Sebagian definisi cantik yang beredar dalam iklan produk  kecantikan; cantik itu putih atau cantik itu langsing dan singset.

Dari kedua definisi yang ditampilkan penulis baik dalam kamus bahasa Indonesia yang menurut pakar tata bahasa Indonesia dan definisi cantik dari para produsen produk kecantikan. Pandangan penulis akan definisi cantik dari keduanya; yang pertama definisi cantik dari pakar dan cendikia tata bahasa merupakan definisi yang sifatnya umum sehingga sulit untuk membedakan mana yang canti atau tidak.  Sedangkan definisi yang kedua sangat jelas cantik itu putih, cantik itu langsing, sehingga sangat mudah untuk menentukan mana yang cantik dan tidak.

Tata Rias Wajah Pagi



Tata rias wajah pagi hari adalah seni mempercantik diri dengan menggunakan riasan wajah yang sangat ringan, dengan menggunakan alas bedak yang ringan dan tidak menggunakan warna-warna yang mengkilap dan menyolok. Hasil riasan wajah nampak bersih dan alami. Pemilihan perona mata minimal dua warna, koreksi wajah dan bagian wajah diperlukan dan relief diperhatikan karena tata rias wajah pagi hari ini dapat digunakan sampai siang hari dan jika mengenai cahaya matahari akan mempengaruhi kesan dari riasan, sehingga riasan dibuat tipis-tipis dan tidak kelihatan berlebihan.


    Tujuan tata rias wajah pagi hari:
-          Untuk mempercantik diri khususnya wajah, agar kelihatan segar dan cantik
-          Menambah rasa percaya diri
-          Menyamarkan atau menutupi kekurangan pada wajah
Untuk menunjang penampilan seseorang

                  
Kosmetik yang digunakan:

A. Eye make-up remover
Digunakan untuk menghapus/ membersihkan kelopak mata dan bibir, dari debu, keringat, kotoran yang menempel, dan sisa lipstick.

B. Milk cleanser
Digunakan untuk membersihkan wajah dari debu, keringat, kotoran yang menempel, dan sisa make-up.

C. Face tonic
Digunakan untuk menyegarkan wajah setelah dibersihkan, dan sebelum di make-up.

D. Moisturizer
Digunakan untuk melembabkan wajah dan melindungi wajah dari kosmetik yang akan digunakan.

E. Foundation
Penggunaan foundation berbentuk cream karena kulit wajah klien jenis normal-berminyak. Sedangkan warna yang dipakai beige dicampur suntan karena warna kulit wajah klien kuning langsat. Selain itu, foundation cream bersifat menutup noda, jerawat, dan bekas jerawat. Cocok digunakan untuk rias wajah kesempatan malam hari.

F. Loose powder
Bersifat ringan, digunakan untuk menghaluskan dari foundation. Menggunakan warna sawo matang dicampur kuning langsat, karena warna kulit klien kuning langsat. Maksud dari penyampuran warna bedak adalah agar tidak terlihat terlalu putih, karena masih ada compact powder yang akan digunakan.

G. Compact powder
Bersifat menutup, digunakan sebagai sentuhan akhir yang menyempurnakan rias wajah. Menggunakan warna kuning langsat dicampur sawo matang, karena menyesuaikan dengan warna kulit klien.

H. Eye brow pencil
Untuk membentuk alis.

I. Eye shadow
Berfungsi membuat mata terlihat lebih menarik dan lebih hidup.

J. Sudut mata
Dimaksudkan untuk menonjolkan bagian sudut mata.

K. Mascara
Berfungsi untuk menambah volume bulu mata dan menyatukan warna dengan bulu mata asli sebelum ditambahkan dengan bulu mata palsu, sehingga mata terkesan lebih hidup dan ekspresif. Menggunakan mascara bentuk cair, agar lebih terlihat hitam dan tebal.

L. Eye liner atas
Berfungsi untuk membentuk atau merubah kesan pada mata agar terlihat lebih hidup. Menggunakan eye liner berbentuk cair, karena terlihat lebih tebal dan dapat merubah kesan pada mata.

M. Eye liner bawah
Berfungsi juga untuk merubah kesan pada mata agar mta terlihat lebih menonjol. Menggunakan eye liner berbentuk pencil, karena digunakan dibagian mata yang sensitif.

N. Shading hidung
Dimaksudkan untuk mengubah kesan pada hidung yang membutuhkan koreksi.

O. Shading rahang
Merupakan bayangan gelap yang diberikan untuk memberi kesan menyamarkan, mengurangi, mencekungkan, atau mengecilkan bidang wajah daerah rahang.

P. Blush on
Berfungsi untuk mencerahkan dan memberi kesan segar pada wajah.

Q. Lipstick
Digunakan sebagai finishing touch pada akhir riasan.

R. Lip gloss
Digunakan setelah pemakaian lipstick. Diberikan agar bibir terkesan mengkilap dan menonjolkan bentuk bibir sehingga terlihat lebih segar.
                     

1 komentar: